^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^WELCOME YAW!^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

22 April 2009

Tong Sampah ‘Penurut’ Perintah Anda



Silahkan Anda jujur pada diri Anda sendiri, apakah selama ini Anda sering membuang sampah sembarangan? Mungkin jawabannya bisa ya atau tidak. Ini bisa saja berubah sesuai dengan tempat dan waktu. Nah, apa jadinya kalau ketika Anda ingin membuang sampah, ternyata ada sesuatu bergerak ke arah Anda dan menyuruh Anda untuk membuang sampah pada dirinya sendiri. Pasti kaget bukan?

Atau akan lebih lucu lagi, ketika Anda ingin membuang sampah, Anda tinggal memanggil alat pembuang sampah tersebut, dan tak lama kemudian alat tersebut menghampiri Anda untuk ‘menerima’ sampah-sampah Anda. Alat berbentuk keranjang sampah yang bisa dikontrol dengan suara ini dibuat oleh DIY-er Amnon. Sayang, tidak ada dokumentasi yang cukup jelas tentang bagaimana ia menciptakan alat tersebut. Mungkin ini bisa menjadi inspirasi Anda di lain waktu, untuk menciptakan sesuatu yang lebih canggih dan peduli lingkungan.

Google Earth, Dari Bumi Ke Mars Dalam Balutan 3D



ge-plugin-2Anda pernah menggunakan Google Earth? Ya perangkat lunak yang satu ini amat sangat canggih, karena mampu meng-capture sekian gambar sehingga seolah-olah kita berada jadi makhluk di luar bumi.

Belum lama ini, Google Earth baru merilis plugin terbarunya, plugin ini dapat digunakan untuk me-reload Google Earth pada web browser. Mungkin kelebihan dari versi terbaru ini adala dari segi visualisasi. Dari versi terbaru ini, kita dapat menyelami lautan, merekam dan memainkan kembali ‘perjalanan wisata’, dan mencari di Mars 3D. Jika Anda sudah cukup akrab dengan plugin API ini, tentunya Anda akan dapat mengupdate dan memperbaiki error yang muncul dari API yang ada.

Dari versi terbaru ini, para developer diizinkan untuk bisa mengubah secara grafis yang menekankan pada 3D. Dan nantinya fitur ini akan sangat popular dari 80 pemetaan API.

Microsoft: Internet Siap Gantikan TV Di Tahun 2013



Berapa jam yang Anda habiskan dengan berselancar di internet? Tanpa disadari, media internet sendiri sudah menaklukkan banyak hati para netter.

Apalagi kalau ditelaah, beberapa tahun belakangan ini, kehadiran warung internet dan jasa provider internet yang menawarkan tarif murah untuk bisa mengakses internet semakin hari semakin menjamur. Informasi yang kita dapatkan pun tidak hanya terbatas itu-itu saja. Melainkan informasi yang kita dapat adalah informasi yang diperoleh dengan timbal-balik dan real time. Selain itu, internet juga sebagai sarana komunikasi dan hiburan, bisa mengisi waktu kita dan membuat kejenuhan dan kepenatan kita berkurang di tiap harinya. Selalu ada saja yang baru dan baru lagi ketika kita mencoba mengakses informasi. Nah, tak salah bukan bila ada anggapan bahwa satu hari nanti kedudukan internet sendiri akan gantikan fungsi TV kita saat ini.

Hal senada diklaim oleh pihak Microsoft, yang mengemukakan bahwa akses internet nantinya akan jauh lebih lama ketimbang kita menonton televisi. Perbandingan tersebut disebutkan sekitar akses internet kita nanti rata-rata bisa 14,2 jam per minggu, sedangkan untuk menonton televisi sendiri hanya 11,5 jam per minggu. Begitu perkiraan Microsoft. Namun dianalisa oleh perusahaan software raksasa tersebut, nantinya kita tak akan berkutat di depan komputer langsung. Hal ini nantinya akan turun sedikit demi sedikit dari 95 persen menjadi 50 persen. Lho? Bagaimana bisa? Ya, tak bisa disangkal, kehadiran TV yang mampu mengakses internet, ponsel ataupun game konsol nantinya justru akan mendominasi posisi PC sendiri.

Diperkirakan nantinya ponsel yang memiliki kompatibilitas dengan video akan merambah dan naik menjadi 76 persen dari saat ini, di tahun 2013 nanti. Nah, tidak hanya sampai di situ, Microsoft punya prediksi lain yang lebih spektakuler. Kemungkinan nanti akan dikembangkan 3D internet. Nah, nantinya dengan adanya 3D internet ini, Anda bisa berlibur secara virtual di sebuah tempat. Atau misalnya untuk para pelajar yang nantinya bisa mendapatkan tutorial dari seorang guru yang virtual pula. Untuk masalah jual beli sendiri, penjual dan pembeli bisa bertemu di pasar virtual semacam ini pula. Wuah! Seru sekali pastinya bukan? Tapi entahlah, kita belum tahu siapa yang nantinya akan benar-benar mempelopori hal semacam ini di masa mendatang. Entah Microsoft atau kompetitor lainnya. Kita tunggu saja ya!

20 April 2009

FIRST AWARD






:puppyeyes:




whaaaaaaa.....w bngung mw ngmng ap???....yang jelas w mau ngucapin terimakasih banyak sm COWOK LUGUuda ngsh award k w n blog w!!!! w jd makin semangat ngblog nieh!!!!

syarat-syarat untuk mendapatkan award nie ada 5 :
1. Letakkan logo di blog kamu
2. Berikan kembali, kepada 10 Blog yang kamu anggap paling inspirasi dan sangat friendly
3. Pastikan untuk selalu menghubungkan penghargaan ini dengan blog yang kamu anggap paling memberikan inspirasi dan friendly dari tempat kamu
4. Agar mereka dapat mengetahui, bahwa mereka telah mendapatkan anugerah ini dengan cara memberikan comment ke blog mereka
5. Berbagi cinta dan sayang untuk penghargaan ini, dari siapa kamu mendapatkan anugerah ini

n sekarang waktunya berbagi award pada sahabat!!daftar tmn2 yang w ksh award:

1.Miss Riyanna
2.Donadzku
3.Artikel Budi
4.Yanuar Ilham
5.Uptodatemp3
6.Mawar
7.Nadhira
8.Mega
9.Winzrock
10aldrix

VGA Card GeForce GTX 285 dengan Memori 2 Gb dari Sparkle



Bila ukuran memori adalah yang Anda perlukan untuk kepuasan bermain game, maka Sparkle menawarkan produk yang menarik: Vga card GeForce GTX 285 dengan ukuran memori dua kali lipat dari standar.


GTX 285 baru ini dapat dibeli dengan pilihan 1 GB atau 2 GB memori di mana saat ini hanya Palit yang juga menawarkan single GPU dengan memori 2GB.
AMD RV770 dengan dual GPU card 4870 X2 memberikan solusi 2×1 GB memori dan Nvidia GTX 295 menawarkan 2×895 mb (dual gpu).

Selain memori, vga card dari Sparkle menawarkan 240 prosesor, core clock 648 Mhz dan shader clock 1476 MHz yang merupakan spesifikasi standar.

Sparkle menjanjikan peningkatan performa sebesar 30% untuk game-game daripada solusi single GPU card lawan. Sayangnya harga belum diumumkan.

19 April 2009

Tesla Roadster Capai 241 Mil Dalam Sekali Jalan



Mungkin Anda pernah mendengar tentang nama Tesla Roadster? Kalau belum, berarti Anda sempat ketinggalan informasi mengenai kendaraan roda empat yang satu ini.

Kendaraan ini memang bukan kendaraan biasa, namun kendaraan ini adalah kendaraan pertama yang mencampurkan teknologi first-all electric whip. Di sebuah pertandingan dimana rata-rata pesaingnya mampu menempuh jarak antara 125 mil sampai 200 mil, namun kendaraan ini terbukti mampu menempuh jarak sekitar 241 mil dalam acara Monte Carlo e-rally, yang diberangkatkan dari Valance, di Prancis sampai ke Ibukota Monaco. Awalnya kendaraan ini menunjukkan battery meter menunjukkan pada angka 36 mil lagi yang dapat ditempuh, setelah mampu menembus garis finish, dan mungkin secara teori dapat dikatakan bahwa mobil ini kemungkinan besar dapat menempuh jarak total sekitar 280 mil. Tentu saja hal ini membuat Tesla mencetak rekor dunia untuk jarak terjauh yang pernah dilampaui oleh kendaraan sejenisnya, dan teknologi ini didukung oleh perusahaan EV. Hmm, selamat ya buat Tesla

18 April 2009

Microsoft Didenda 11.8 Juta USD Oleh Pemerintah Jerman



Ternyata suatu perusahaan pembuat software raksasa semacam Microsoft tak menjanjikan bahwa akan selalu mendapat untung besar.

Kali ini, Microsoft dihadapkan pada kasus yang membuat perusahaan tersebut harus merelakan sejumlah dana yang luar biasa besar untuk sebuah kasus.

Di Frankfurt, Jerman, badan yang mengatur perundang-undangan yang menentang penggabungan industri-industri telah mendenda Microsoft sebesar 9 Juta Uero atau sekitar 141 triliyun rupiah atas dasar pelanggaran yang berkenaan dengan kasus penipuan uang yang menjadi bagian dari produk Office 2007.

Selain itu, suatu badan ekonomi di Jerman, Bundeskartellamt, mengatakan bahwa Microsoft tidak memperlihatkan produknya dulu sebelum mengeset masalah harga untuk produk Microsoft Office Home dan Student 2007 sebelum lauching acara Advertising Campaign.

Ada isu yang beredar, dari apa yang telah ditegaskan oleh pihak Bundeskartellamt, “Tidak setiap kali pertemuan dari supplier dan produsen membahas mengenai harga jual kembali produk dilakukan dengan kesepakatan bersama. Dalam masalah ini, batas ini sudah dilanggar.”

Microsoft sendiri berkomentar “Kami akan menjadikan kasus ini sebagai pengalaman pahit yang kami harus lihat kembali dalam proses penjualan di pihak internal dan kami pastikan kami akan lebih berhati-hati dengan hukum di Jerman.”
:awaskon:(

Cyberdyne Ingin Ciptakan Cybernetic Bodysuit Buat Tony Stark Wannabe



Untuk kamu yang pernah menonton film Iron Man, pasti tak akan lupa dengan sosok Tony Stark yang begitu jeniusnya dalam menciptakan teknologi bionik dimana ia sendiri mampu pada akhirnya menjadi seorang manusia baja.

Kalau dilihat dari luar, memang ini kelihatan seperti baju robot, atau sejenis Cybernetic Bodysuit. Nah, mungkin kegagahan itu pula yang akhirnya mengilhami tim Cyberdyne dalam berkreasi di laboratoriumnya.

Bertahun-tahun setelah robot HAL (Hybrid Assistive Limb) pertama kali dikeluarkan oleh Cyberdyne, bisa dirasakan betapa bangga dan senangnya tim tersebut telah berhasil menyelesaikan proyek robotic-nya. Dan kali ini dengan semangat yang sepertinya lebih besar dibanding sebelumnya, Cyberdyne hadir bersama Daiwa House dalam kerjasamanya untuk memproduksi secara massal Cybernetic Bodysuit. Dan hal yang sangat krusial di sini adalah biaya dimana produk ini dikomersilkan, yaitu dengan kisaran harga 4200 USD atau sekitar 50,4 juta rupiah. Diberitakan Cybernetic Bodysuit ini nantinya akan diproduksi sekitar 400 unit per tahunnya. Wuah, siap-siap bernostalgia dengan Iron Man buat mereka yang menggunakan produk ini.
:puppyeyes:

17 April 2009

Ganti Template


dr pd ga ada postingan!mending coret2 aja.



:ahaha:
hmmmm....setelah melakukan seleksi di berbagai daerah(berbagai blog penyedia template gratis maksudnya.hehehe........)AKHIRNYA!!!!!!!q menemukan template yang cucok buat pengganti template yang lama!nie info seputar templatenya:


Name: yanku-Template (Version 0.1)
Designed by: Aan septiawan
URL: http://yanku-template.blogspot.com/

hehehe.....kenapa q pilih template ini???ya...karna selain template ini simple(dari segi warna dan designnya),template ini di lengkapi dengan 3 kolom sehingga q bs masukin banyak widget d blog q ini!buat temen-temen yang mau pake template ini silahkan donload aj tempaltenya!YANKU TEMPLATE

Magic Cube all-in-one card reader



Anda penyuka benda-benda elektronik yang imut dan lucu? Wuah sudah tentu mengkoleksi benda-benda seperti headset, mouse atau hardware komputer lainnya akan menjadi hal yang sangat menyenangkan.


Nah, ada lagi nih salah satu benda elektronik yang bentuknya imut dan lucu. Ini bukan kotak biasa, melainkan all-in-one card reader yang dapat digunakan untuk microSD, SDHC, SD dan xD. Selain itu card reader yang unik ini dapat dikoneksikan melalui USB juga, dan dapat mentransfer data dengan kecepatan sampai dengan 480Mb per detik. Alat ini dapat digunakan dengan sistem operasi Windows dan Linux. Dipasarkan dengan harga 9.99 USD atau sekitar 120 ribu rupiah saja. Nah, lucu bukan, mungkin produk ini suatu hari bisa menambah koleksi Anda!

12 April 2009

Bluetooth 3.0 ‘Katanya’ Akan Keluar Bulan Ini



Hampir semua jenis handphone sekarang memiliki fitur Bluetooth. Tapi kali ini kita tidak sedang membicarakan tentang ponsel, melainkan Bluetooth itu sendiri yang ‘katanya’ ada kabar bahwa Bluetooth 3.0 akan pertama kali dikeluarkan bulan ini!

Memang belum ada pengumuman resmi dari pihak Bluetooth Specification Interest Group. Tapi sudah tersebar kabar bahwa nantinya fitur Bluetooth 3.0 akan lebih cepat dari segi kecepatan, memungkinkan untuk transfer file-file video, gambar atau musik yang berukuran besar. Dan lebih lagi, dikabarkan bahwa untuk generasi terbaru ini, nantinya Bluetooth akan dilengkapi fitur Enhanced Power Control (EPC) yang nantinya akan mengurangi kemungkinan disconnect ketika ponsel diletakkan di kantong ataupun tas. Sekitar tanggal 21 April nanti ‘katanya’ Bluetooth ini akan siap diedarkan. Apakah ini benar atau tidak, kita tunggu kabar selanjutnya nanti.
:ha?:

10 April 2009

Aplikasi Office Untuk iPhone dan Linux



Setelah lepas dari Bill Gates, Microsoft ternyata tak lepas dari berbagai tantangan untuk dapat terus eksis dalam dunia komputerisasi. Apalagi saat ini seperti yang kita ketahui, berbagai aplikasi gratis bisa kita dapatkan dengan mudah dan tidak lagi selamanya harus berbayar seperti produk-produk Microsoft.

Tapi ya tetap saja, sebagian besar pengguna komputer di Indonesia sekalipun tetap banyak yang menggunakan Windows. Mungkin ini yang menjadi titik tolak bagi Microsoft untuk dapat bekerja sama dengan pihak lain dalam menghasilkan aplikasi dan kemudahan bagi para pelanggannya. Seperti beberapa hari yang lalu, salah satu eksekutif dari Microsoft, Stephen Elop mengatakan bahwa aplikasi Office akan masuk ke iPhone, tentu saja melihat potensi yang cukup besar yang dimiliki iPhone saat ini, Microsoft sadar bahwa dengan adanya iPhone, pengguna tak selamanya harus berkutat di depan computer untuk menjalankan aplikasi Office, tapi juga bisa menggunakan iPhone.

Si pembuat aplikasi Office tersebut sudah dari sejak Oktober tahun lalu dalam merencanakan untuk membuat aplikasi Office dalam versi web based seperti untuk Word, Excel, Powerpoint dan OneNote. Tentu saja aplikasi Office web based ini tidak hanya akan berjalan pada web browser Internet Explorer tapi juga rencananya akan dapat dijalankan di Safari dan Firefox. Ini artinya nantinya mungkin aplikasi Office tidak hanya untuk dijalankan pada iPhone saja tapi juga pada Linux.

Bagaimana menurut Anda?

08 April 2009

China Terisolasi dari YouTube Lagi



Mungkin sebagian dari Anda masih ingat dulu YouTube sempat dicekal aksesnya di Indonesia? Sekarang China mengalami hal tersebut.

Selama 4 hari terakhir, YouTube sudah tidak ada lagi di China. Sedangkan Google tidak memberikan alasan resminya apapun selama pelarangan tersebut dan pengguna menerima pesan penghentian standar “server tak ada respon”, yang memberikan pesan mempercayai pemerintah yang telah melarang site karena video-video yang menampilkan polisi China sedang berkelahi dengan biksu Tibet dengan tongkat pemukulnya.

Hal ini bukan pertama kali China melarang akses ke Site Sharing Video Google. Pada bulan Maret 2008, negara melarang keduanya yaitu YouTube dan berita Google selama terjadi kerusuhan di Tibet.

Computer World melaporkan, mengutip WSJ, bahwa juru bicara untuk Kementerian Luar negeri China mngatakan pemerintah mempunyai hak mengambil alih manajemen dari jaringan YouTube dengan didasarkan atas Hukum disana.

Juru bicara Google mengatakan kepada kantor berita BBC Inggris yang mana site sedang bekerja mengembalikan akses kepada para pemakai di China. “Kami tidak mengerti alasan pelarangan dan tetap bekerja mengembalikan akses kepada pengguna di China secepat mungkin”, seperti apa yang dikatakan juru bicara Cott Rubin.
:ayokona:

07 April 2009

Microsoft Internet Explorer 8 Telah Datang, Ayo Download


Sudah saatnya Anda para fans IE mengunduh browser IE versi 8 yang merupakan versi terbaru. Versi beta IE 8 sudah muncul setahun yang lalu dan versi 8 ini telah menambahkan fitur-fitur baru serta meningkatkan sisi keamanan.


Menurut Microsoft, riset yang dilakukan oleh NSS LAbs, IE8 versi RC1 memiliki efektifitas 69% menangkap malware sebelum merusak sistem pengguna, dan Firefox 3.07 pada 30% tingkat efektifitas, serta Apple Safari 3 hanya 34 persen, dan yang terakhir Google Chrome 1.0.154 berada pada rangking keempat dengan tingkat efektifitas hanya 14%.

IE8 akan menjadi bagian dari Windows 7 yang akan datang.

Berikut ini adalah fitur-fitur baru IE8:

-Accelerators
Fitur ini menyediakan shortcut fungsi yang sering dibutuhkan atau dilakukan pada context menu yang ditampilkan dengan klik kanan.

-Enhanced Navigation
-Increased Performance
-Improved Favorites and History Management
-Instant Search

-Web Slices

Fitur ini memungkinkan kita melihat bagian dari web dengan cara yang sangat mudah, tinggal klik tombol toolbar maka kita bisa melihat preview dari web slice yang sudah tersimpan. Fasilitas ini mengharuskan pemilik web menyisipkan kode tertentu supaya web slice ini berfungsi di IE8.

Apabila Anda ingin mendownload silakan ke:

http://www.microsoft.com/windows/internet-explorer/default.aspx

Dan yang lebih asyik, IE8 sudah bisa menginstall addon atau semacam plugin, silakan ke:

http://ieaddons.com
:puppyeyes:

Windows 7 Ingin Sepenuhnya Gantikan XP



Sebagai perusahaan besar, Microsoft sepertinya tetap ingin memonopoli komputer-komputer masa kini. Membalas dari setiap cemooh yang datang pada Vista, mungkin inilah yang akhirnya menjadikan Windows 7 hadir untuk menggantikannya.


Seperti yang kita tahu, sudah menjadi rahasia umum bahwa Vista tidak dapat berjalan dengan baik di banyak PC di perusahaan-perusahaan ketika ia baru pertama kali dirilis karena hardware yang dimiliki oleh PC-PC tersebut berada di bawah standard kebutuhan dari Vista.

Berbeda dengan Vista, Windows 7 ingin mengepakkan sayapnya dengan dapat berjalannya Windows 7 di berbagai jenis komputer bahkan notebook. Dan Windows 7 akan dapat berjalan sekalipun berada di hardware komputer dengan standard Vista maupun yang di bawah ini. Sebagai tambahan, dikatakan bahwa Windows 7 beta, sangat bagus dan stabil. Bahkan lebih dari itu, Microsoft berencana akan berusaha untuk mengubah OS dari perusahaan-perusahaan yang menggunakan XP dan menggantinya dengan Windows 7.

Sepertinya kini Microsoft sangat percaya diri, dengan keinginannya untuk menendang XP dan menggantikannya dengan Windows 7. Apakah ini akan jadi kenyataan? Kita tunggu saja nanti.
:sigh:

Pesaing GOOGLE??




Besarnya satu website jejaring sosial, seperti pada Facebook dan Twitter lebih banyak didukung oleh fitur-fitur canggih yang terdapat di dalamnya. Dari fitur yang canggih itu, para pengguna yang sudah mendaftar pada website tersebut tetap setia berlama-lama dan tidak akan cepat bosan. Baru-baru ini Twitter meluncurkan fitur search enginenya, yang katanya ingin berusaha untuk bisa menyaingi Google.

Pada tanggal 1 April 2009 kemarin, secara resmi Twitter mengumumkan tentang peluncuran search enginenya yang baru. Pada konfigurasi aslinya, search bar dipasang di bagian atas dari homepage pengguna, dan ketika pengguna mencoba untuk memasukkan keyword tertentu, maka nanti hasil dari pencarian sesuai keyword tersebut akan ditampilkan pada halaman yang terpisah. Dengan menggunakan Twitter Search yang baru, yang masih dalam versi trial, pengguna dapat menyimpan hasil pencariannya dan dapat menaruhnya di sidebar.Pada tanggal 6 Maret lalu, Twitter terintegrasi dengan fitur pencarian yang bisa diakses melalui search.twitter.com di website utamanya. Sekaligus, fungsi pencarian juga digabungkan sebagai menu dimana pengguna dapat melihat subjek apa yang paling dicari oleh pengguna twitter yang sedang online.

“Twitter Search adalah mesin pencarian yang dapat melihat apa yang sedang terjadi saat ini tapi juga tidak selalu harus ditampilkan sebagai sebuah kotak dan tombol.” kata pendiri Twitter, Biz Stone “Trend-nya adalah kata atau frase yang sering dicari oleh orang. Ketika Anda mengklik di trend link tersebut, Anda akan dapat tau apa yang sering orang cari saat ini.”

Lalu, apakah nantinya Twitter mampu benar-benar menyaingi mesin pencari seperti Google?hmmm.....ga tau dah!


:ha?:

02 April 2009

Say good by



this kicker tool created by GUARDIAN
DOWNLOAD:sakit:

01 April 2009

Penyebab Komputer Lambat



Komputer anda lemot (lambat), jangan panik, kesal, dan jangan dibanting komputer anda. kinerja sistem komputer (PC) maupun noteboook dapat menurun drastis jika tidak memperhatikan faktor yang mempengaruhinya. Walaupun komputer benda mati yang tak bisa berjalan dan belanja ke mall tapi harus mendapatkan perhatian dan perawatan khusus agar selalu stabil, jika rusak berarti anda yang harus ke mall untuk beli komputer baru. komputer perlu diperlakukan seperti istri atau pacar kedua anda he...he...he....jangan kasih tau pacar saya ya....kembali ke toooopiik.....namun jika tidak pada mestinya, jangan kaget jika tiba-tiba komputer anda mendadak mati atau kerjanya sangat lambat. beberapa faktor yang mempengaruhi diantaranya: perlakuan terhadap komputer itu sendiri, pengaturan BIOS yang kurang maksimal, dan manajemen sistem operasi yang kurang teratur.

Yang dimaksud dengan perlakuan komputer adalah: mematikan komputer tidak sesuai prosedur (shutdown), CPU tidak pernah dibersihkan, komputer sering dipindah-pindahkan tempatnya, dan hal-hal yang dapat merusak komputer. Sedangkan yang dimaksud BIOS adalah pengaturannya tidak semaksimal sehingga dapat mengganggu sistem operasi. Jika komputer tidak pernah di-manage secara benar dapat mengakibatkan kinerja sistem operasi akan lambat.

Untuk mengatasi hal itu diperlukan penanganan yang tepat seperti: melakukan Defragmenter secara berkala karena klo keseringan komputer bisa ngadat ya setiap 1-2 bulanlah, memasang software antivirus plus anti spyware, membuang software yang tidak digunakan, tidak memaksakan menggunakan softwareyang berat (memakan memory terlalu banyak atau yang memakan banyak kerja cpu, membuang sampah, dan tindakan lainnya yang mempengaruhi sistem operasi yang digunakan.Mengenal Sistem Operasi........



Sistem Operasi yang berkembang saat ini ada beberapa macam diantaranya:

- Windows (Windows 98, Windows 2000, Windows Me, Windows XP, dan Windows Vista)

- UNIX (Linux)

- Macintosh

- OS/2

- Palm OS, dll

Untuk informasi lebih lanjut tentang sistem operasi dapat mengunjungi situs http://dmoz.org/Computers/Software/Operating_Systems/

Oleh karena banyak yang menggunakan sistem operasi Windows maka di sini akan membahas beberapa faktor yang mempengaruhinya sehingga sistem tersebut menjadi sangat lambat.

Komputer yang kerjanya sangat lamban membuat kita kesal, ditambah lagi komputer sering hang padahal ada pekerjaan yang harus selesai segera mungkin. Semua itu membuat kita stress.

Ada dua faktor yang mempengaruhi kerja sistem komputer yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

Faktor Internal

Yang dimaksud dengan faktor internal adalah segala sesuatu yang berhubungan langsung dengan komputer itu sendiri, diantaranya:

- Banyak aplikasi yang terinstal

- Banyak file sampah

- Banyak aplikasi yang terbaca ketika Start Up

- Manajemen Sistem tidak teratur

- Pilih Kinerja atau Penampilan (style)

- Proses Shutdown tidak sesuai perosedur


Faktor Eksternal

faktor eksternal yang dapat menghambat sistem kerja komputer diantaranya:

- Tegangan listrik yang tidak stabil

- Lingkungan yang berdebu

- suhu cpu pun perlu diperhatikan


Faktor Eksternal penyebab sistem komputer lambat

faktor eksternal yang dapat menghambat sistem kerja komputer diantaranya:

Tegangan listrik yang tidak stabil

Ada kalanya tegangan listrik yang ada di rumah kita tidak berjalan stabil alias naik turun. Hal tersebut bisa ditimbulkan oleh penggunaan listrik yang bersama-sama. Misal: menghidupkan televisi, mesin air, lemari es (kulkas), dan komputer secara bersama-sama. Suatu saat mematikan mesin air yang tidak digunakan. Nah, jika kondisinya seperti itu tegangan akan mengalami perubahan naik-turun dan inilah faktor penyebab komputer dan monitor menjadi rusak.

Untuk menghindari hal ini, sebaiknya menggunakan UPS/stabilizer agar ketika listrik mati secara mendadak masih ada aliran listrik dan dapat melakukan shutdown sesuai prosedur.


Lingkungan yang berdebu

Debu yang menempel pada komponen komputer dapat mengakibatkan sistem kerja komputer akan terhambat. Bersihkan menggunakan kuas yang lembut, jangan menggunakan kemoceng karena bulu-bulunya akan rontok sehingga malah memperparah keadaan.

Komputer yang bekerja makin lambat perlu diidentifikasi sedini mungkin agar faktor-faktor penyebabnya dapat diniminalisasi. Oleh karena setiap hari bergelut dengan komputer, sedikitnya harus dapat menangani sendiri jika komputer mengalami masalah. Periksa dulu apa penyebab komputer tersebut menjadi lambat, jika sudah ditemukan faktor pemicunya segera atasi sendiri sebelum meminta bantuan orang lain.


Suhu cpu

Suhu cpu pun harus diperhatikan, karena dapat menghambat proses kerja dan dapat memperpendek usia cpu, apalagi bagi penggila overclock yang mengharuskan cpu harus terjaga suhunya dan membutuhkan pendingin ekstra

Faktor Internal penyebab sistem komputer lambat

Banyak aplikasi yang terinstal

Jika ingin menginstal software sebaiknya yang penting dan dibutuhkan saja, jangan terlalu banyak menginstal software yang tidak digunakan. Hal ini secara otomatis akan mengambil space komputer.


Banyak file sampah

Yang dimaksud file-file sampah adalah: file pada Recycle Bin, cookies, histroy IE, file bak, file temporary, dll).

Ketika menghapus file yang tidak digunakan, tidak secara otomatis file tersebut akan terhapus dari hardisk. Sebenarnya masih tersimpan dalam folder Recycle Bin, dan jika kita ingin mengambil file tersebut masih bisa. Hapuslah file-file dalam Recycle Bin karena seluruh file tersebut masih mengambil ruang hardisk. Pastikan Anda telah memilih file-file yang memang sudah tidak digunakan lagi


Banyak aplikasi yang terbaca ketika Start Up

Beberapa software ketika pertama kali diinstal menyediakan pilihan yaitu: ikon ditambahkan pada Desktop dan ikon ditambahkan pada Taskbar Quick Launch. Sebaiknya tidak perlu meletakkn ikon program tersebut dalam taskbar karena menjadi beban sistem komputer karena harus menyediakan memori tersendiri.

Hal ini akan memperlambat kerja komputer. Aturlah beberapa aplikasi yang memang dibutuhkan dengan cara mengatur konfigurasi. Jalankan menu Start kemudian pilih Run, ketikkan msconfig. Nonaktifkan aplikasi yang tidak diperlukan ketika Start Up.


Manajemen Sistem tidak teratur

Komputer yang sering digunakan juga memerlukan penyegaran, salah satunya adalah dengan cara melakukan Scandisk dan Defragmentasi secara rutin minimal satu bulan sekali. Idealnya satu minggu sekali, tergantung frekuensi penggunaan komputer. Meskipun sesuatu yang sepele, namun sering dilupakan banyak orang. Lakukan Scandisk secara rutin untuk memperbaiki hardisk yang sering crash akibat litrik mati secara mendadak atau hang.

Selain melakukan Scandisk, yang tak kalah pentingnya adalah Defragmentasi secara berkala. Hal ini sangat berguna ketika tingkat penggunaan komputer tinggi. File-file perlu ditempatkan sebagaimana mestinya agar ruang kosong tidak berantakan. Jika ruang penempatan file berantakan bisa mengakibatkan kerja komputer lambat.


Pilih Penampilan (style themes)

Bagi pengguna Windows XP sebaiknya memperhatikan hal ini agar kerja komputer lebih cepat. Memang penampilan Windows XP sangat bagus, ikon-ikon yang ditampilkan berwarna-warni dengan efek mengkilap. Perlu diketahui, tampilan windows yang bagus tersebut membutuhkan memori yang tidak sedikit. Makanya jangan heran bila semakin lama kerja komputer semakin lambat.

Windows XP menyediakan dua pilihan yaitu Adjust for Best Appereance atau Adjust for Best. Jika memilih Adjust for best app maka lebih mengutamakan penampilan sehingga kinerja komputer mememerlukan memori yang lebih. Hal ini berpengaruh pada kinerja komputer. Sedangkan jika memilih Adjust for best performance maka lebih mengutamakan kinerja komputer dibandingkan penampilan sehingga tampilan Windows XP akan nampak seperti biasa tanpa efek bayangan ataupun mengkilap seperi windows versi sebelumnya.


Proses Shutdown tidak sesuai perosedur

Komputer yang sangat lambat bekerja membuat kita kesal dibuatnya, makin hari kian lambat saja. Kadang-kadang komputer langsung hang secara mendadak ketika sedang asyik bekerja. Kita akan mematikan komputer tersebut dengan cara menekan tombol Restart atau Booting. Hal ini dikerenakan kita tidak bisa mematikan komputer melalui proses Shutdown karena semua tombol keyboard tidak berfungsi.

Apabila sering mematikan komputer melalui tombol Booting, lama-lama bisa mengakibatkan sistem operasi tidak berjalan normal dan hardsik akan mengalami kerusakan (bad sector). Hal ini akan memperparah keadaan karena file-file sistem yang ada pada bad sector tidak dapat terbaca, sehingga komputer sering mengalami mati mendadak (hang).

:okay:

HARD KICK MIGPRO CONTROLER v1.0 by ALEN1.1


yang mw tw fitur2 dr app ini langsung dicoba aja yak??hehehehe........

:devilishgrin:

THIS BLOG WANT TO SAY THANK'S TO :

 

LINK EXCHANGE


NEWS TECHNOLOGY UPDATE!

BANNER EXCHANGE


CRUSADERT.BLOGSPOT.COM Copyright © 2009 special thank to: Gaganpreet Singh


welcome to my blog http://crusadert.blogspot.com!!