^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^WELCOME YAW!^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

04 November 2009

Mozilla Akhirnya Lepas Versi Beta Firefox 3.6


Wah, ada yang baru nih dari Mozilla. Ya, sudah lama ditunggu-tunggu akhirnya datang juga Firefox 3.6 beta. Walaupun masih versi beta setidaknya kita tau apa saja sih yang akan ada pada Firefox terbaru tersebut.

Firefox memang cukup banyak menjadi sorotan banyak pihak. Berikut ini penuturan secara rinci yang dilakukan oleh Mike Beltzner, direktur Mozilla Firefox mengenai generasi teranyar dari Firefox.
Fitur-fitur baru Firefox 3.6 :

* Personas, dengan fitur ini pengguna dapat melakukan kustomisasi tampilan web browsernya. Sebelumnya fitur ini hanya berupa add-ons saja, namun kini sudah tersedia dan sudah banyak pilihan skin yang dapat dipilih dengan fitur ini.

* Eksekusi Javascript yang lebih cepat dibanding browser sebelumnya dan lebih responsif. Mozilla telah bereksperimen dengan Javascript selama berbulan-bulan dan bisa dibilang cukup berhasil.

* Kemampuan drag-and-drop file dari komputer ke browser. Ini akan sangat mudah dan membantu sekali ketika kita ingin upload file ke website. Namun fitur ini belum ditampilkan pada versi beta, justru akan benar-benar ditampilkan pada versi finalnya, yang mana juga mendukung upload file secara sekaligus.

* Ada juga teknologi geolocation yang dapat memperkirakan alamat dari si pengguna bukan hanya dari koordinat lintang-bujur.

* Kemampuan deteksi orientasi komputer dan melakukan akselerasi pada mesin

* Video kini dapat menggunakan tag video menggunakan HTML5 yang juga dapat dilihat secara full-screen.

Tampaknya persaingan panas akan terus terjadi pada web browser, sekalipun hal itu terjadi namun Firefox sudah punya cukup banyak pengikut setia. Untuk Firefox 3.6 yang dinamai Namoroka ini sejak bulan Agustus lalu baru akan dirilis versi finalnya nanti pada penghujung tahun 2009. Sedangkan untuk Firefox 3.7 direncanakan akan hadir pada pertengahan 2010 dan Firefox 4.0 akan tiba dan siap dinikmati publik paling tidak 1 tahun lagi. Wah tidak sabar lagi ya menunggu akhir tahun sampai kita bisa menjajal Firefox 3.6 ini.

0 komentar:

Posting Komentar

THIS BLOG WANT TO SAY THANK'S TO :

 

LINK EXCHANGE


NEWS TECHNOLOGY UPDATE!

BANNER EXCHANGE


CRUSADERT.BLOGSPOT.COM Copyright © 2009 special thank to: Gaganpreet Singh


welcome to my blog http://crusadert.blogspot.com!!