^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^WELCOME YAW!^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

27 Mei 2009

Peringati Jasa Pejuang Korban Perang Afganistan - Iraq Dengan Layer Map the Fallen pada Google Earth



Memperingati hari gugurnya para pejuang korban perang dari pertikaian yang terjadi antara Afganistan dan Iraq mungkin bisa dilakukan dengan cara berziarah di makam para korban tersebut, namun mungkin hal ini tak dapat dilakukan oleh semua orang yang bisa mengunjungi Arlington National Cemetery, untuk mengungkapkan rasa ingin berkabungnya

Ternyata ada cara lain selain berziarah untuk mengenang jatuhnya korban-korban perang tersebut. Bagaimana caranya yah?

Seorang engineer dari Google, Sean Askay akhirnya mengungkapkan kreativitasnya demi memberikan alternatif lain bagi para peziarah yang ingin berkabung, namun terbatas dari segi waktu dan tempat. Alternatif itu adalah Map the Fallen yang merupakan layer tersendiri dari Google Earth, yang di dalamnya mengandung berbagai informasi spesifik mengenai lebih dari 5.700 korban yang jatuh pada peperangan Afganistan dan Iraq. Alat interaktif ini dapat memberikan pengguna kemudahan untuk bisa mengakses foto, dan menjelaskan bagaimana akhirnya korban bisa meninggal, mengunjungi memorial website yang mendapat komentar dari keluarga dan kerabat korban dan berselancar dimana tempat korban ini tinggal semasa hidupnya dan akhirnya meninggal.

Askay sendiri sejujurnya tak memiliki latar belakang kemiliteran dan membangun proyek ini pada waktu senggangnya. Dikatakannya pada blognya sendiri, bahwa ia mendapatkan ide tersebut ketika ia masih jadi pelajar dan mempelajari icasualties.org, sebuah database publik para pejuang yang meninggal selama terjadinya perang Afganistan dan Iraq. Informasi yang bisa kita dapatkan dari apa yang dibuat oleh Askay adalah kumpulan dari berbagai sumber seperti Statistic Information Analysis Division dari departmen pertahanan negara, icasualties.org, MilitaryTimes.com, Legacy.com dan berbagai sumber lainnya.

Layer yang dibuat oleh Askay ini akan kompatibel dengan Google Earth 5 atau versi di atasnya. Ketika Anda menginstall software tersebut, Anda harus juga mendownload Map the Fallen Layer dan membukanya. Beberapa saat kemudian, layer tersebut akan dimuat di Google Earth dan Anda dapat mempelajari tentang pribadi dari korban perang tersebut. Sepertinya inilah yang bisa jadi inspirasi, mungkin buat kita yang ada di Indonesia untuk mengingat para pejuang kemerdekaan kita sehingga kita dapat menikmati udara segar kemerdekaan hari ini.

1 komentar:

harajuku_08 on 28 Mei 2009 pukul 08.41 mengatakan...

test komen....

Posting Komentar

THIS BLOG WANT TO SAY THANK'S TO :

 

LINK EXCHANGE


NEWS TECHNOLOGY UPDATE!

BANNER EXCHANGE


CRUSADERT.BLOGSPOT.COM Copyright © 2009 special thank to: Gaganpreet Singh


welcome to my blog http://crusadert.blogspot.com!!